Minggu, 12 Januari 2014

Menengok Wisata Buku di Arena Medan Book Fair 2013 (Kamis 12 Desember 2013)



P
ameran buku terbesar di Sumatera Utara  tahun 2013 digelar di IAIN Sumatera Utara pada 28 November sampai 3 Desember 2013 dan diperpanjang sampai 5 Desember lalu. Kegiatan ini berlangsung lancar dan ramai dikunjungi masyarakat baik di kalangan mahasiswa maupun umum. Ini, tampaknya bisa menjadi objek wisata baru bagi kita, yaitu wisata buku.
            Banyak penerbit buku yang turut berpartisipasi dalam pameran atau bazar buku tersebut. Mereka memberikan diskon khusus untuk para peminat buku yang berkunjung dalam rangka Medan Book Fair 2013 itu.
            Tepatnya di Aula IAIN Sumatera Utara, Jalan Willem Iskandar Medan, pengunjung yang hadir tidak ada habisnya, mulai dari hari pertama hingga hari terakhir pameran digelar. “Karena bukunya murah-murah, rata-rata Rp10.000 sampai Rp20.000 jadi dengan membawa Rp100.000 saja sudah bisa mendapatkan banyak buku,” kata Ani, salah seorang mahasiswi pengunjung pameran.
            Melihat harga buku yang cukup terjangkau serta kondisi buku yang  tidak kalah berkualitas, menarik hati para pengunjung untuk membelinya. Sehingga, bazar buku kali ini, menjadi pilihan untuk mencari bahan pustaka khususnya bagi kalangan mahasiswa. Mereka mengaku sangat terbantu akan adanya pameran ini, khususnya membantu kondisi ekonomi mahasiswa itu sendiri.
            “Buku yang dijual sesuai dengan kebutuhan kita sebagai mahasiswa,  jadi kita sangat tertarik untuk membeli buku di sini, dan bukunya ada juga sampai diskon 50 persen. Ini sangat menguntungkan bagi mahasiswa,” lanjut Ani saat ditemui di Aula IAIN tersebut.
            Tidak hanya mahasiswa IAIN yang berpartisipasi dalam bazar buku itu, tetapi juga dari kalangan luar, seperti diungkapkan seorang penjual buku. “Mahasiswa dari kampus luar IAIN juga banyak yang datang, dosen-dosen, bapak atau ibu yang berprofesi sebagai guru, pokoknya kalangan umum juga ramailah,” kata Muhammad Arman Sulaiman Pulungan.
            Selain memuat buku-buku tentang ilmu pengetahuan umum, pendidikan, dan agama, tentunya bazar ini juga memberikan banyak pilihan buku lain. Tentunya, dengan harga yang istimewa bagi pengunjungnya.
            “Seperti buku-buku motivasi, soal-soal prediksi Ujian Nasional 2014 SMP/MTs ataupun SMA, novel, komik, serta bahan bacaan atau buku mewarnai untuk anak juga banyak, yang ini rata-rata diskon 50 persen,” lanjutnya.
            “Kami jual, Anda cerdas. Itu adalah motto kami dalam berdagang buku ini. Karena ini tidak hanya menguntungkan oleh satu pihak saja yaitu penerbit atau penjual, tetapi juga menguntungkan bagi Anda yang membaca buku, karena memperoleh ilmu pengetahuan,” lanjut lelaki yang akrab disapa Arman itu.
            Bazar buku yang diadakan kurang lebih selama seminggu itu, mendapat kesan tersendiri bagi para penjual dan peminatnya. Selain menjadi sasaran untuk mendapatkan buku murah dan berkualitas, para pengunjung juga dilayani oleh penjual yang ramah dan sopan.
            Hal ini seperti yang dilakukan Arman saat ditemui, Kamis (5/12) lalu. “Ya, harus melayani mereka dengan ramah, dan yang terpenting adalah jujur bagaimana buku-buku ini dapat dimiliki oleh pembaca karena begitu banyak manfaatnya,” kata lelaki yang berkerja di Toko Buku Anugerah itu.
             Alhamdulillah bazar bukunya lancar. Selama beberapa hari di sini peminatnya juga banyak, Medan Book Fair 2013 dan IAIN is the best deh..,” begitulah Arman mengungkapkan kesan yang dirasakannya terhadap pameran buku yang digelar di IAIN tersebut.
            Melihat ramainya pengunjung pameran atau bazar ini, dapat disimpulkan bahwa minat baca masyarakat umum, ataupun mahasiswa khususnya di Kota Medan ini juga semakin bertambah. Jadi, pameran atau bazar buku semacam ini harus tidak jarang untuk digelar. Nah, selamat berwisata buku lagi pada kesempatan mendatang. *** (Fela Felia Batubara)
           
 
WISATA BUKU : Sejumlah pengunjung asyik menekuni bacaannya saat Ikatan Penerbitan Indonesia (IKAPI) Cabang Sumatera Utara mengadakan Pesta Buku bertajuk Medan Book Fair 2013 di kampus IAIN Sumatera Utara. Ini jadi ajang wisata buku bagi para wisatawan yang ingin menambah wawasan dan pengetahuan. (Mimbar/Fela Felia Batubara)
           
           
           
           
           

             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar