Jumat, 01 Februari 2013

Laporan : Irfan Faramor



PERGELARAN SASTRA TEMUKAN
MAHASISWA UISU DAN UMSU

 

Medan 28 Desember 2011, gedung teater Taman Budaya Sumatera Utara dihadiri beberapa mahasiswa dari UISU dan UMSU untuk membicarakan pergelaran sastra yang direncanakan  pada 22 Januari 2012. Dalam pertemuan ini, mereka merancang struktur kepanitiaan yang dibimbing Suyadi San selaku dosen di kedua universitas tersebut.
            Beliau menuturkan bahwa pergelaran ini diharapkan bisa berjalan dengan sukses. “Sebab, di sinilah awal perjalanan kalian sebagai mahasiswa dan kelak menjadi seorang sastrawan,” tuturnya memberi motivasi.
Pergelaran sastra ditujukan kepada kaum pelajar, agar dapat mengembangkan  minat dan bakat untuk melestarikan kesusastraan Indonesia. Adapun pergelaran ini diadakan sebagai tes untuk mengevaluasi hasil belajar dan mengajar dari kedua belah pihak mahasiswa.
            “Saya bangga bisa menjadi salah satu panitia dalam kegiatan ini, dan saya akan berupaya maksimal untuk menyukseskan pergelaran sastra ini,” ujar Suci Anggira, mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia UISU. 
Dalam kegiatan ini akan menampilkan pertunjukan musikalisasi puisi, dramatisasi puisi, tarinisasi puisi, visualisasi puisi, parodi, dan drama yang akan dimeriahkan oleh mahasiswa UISU dan UMSU.
Di sini dapat kita gambarkan bahwa dewasa ini kaum pelajar atau generasi muda masih peduli dan mencintai sastra Indonesia. Saya menuturkan bahwa “sastra adalah jembatan meraih kesuksesan serta cerminan kehidupan bangsa kita, sebab tanpa sastra hidup hampa terasa.”. **


Penulis, mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UISU Medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar