Minggu, 03 November 2013

AGENDA BUDAYA : Seniman Delapan Daerah akan Tampil di GSB Sumut




S
ebanyak 150 orang seniman/pelaku seni dari delapan daerah akan menampilkan karyanya dalam ajang Gelar Seni Budaya (GSB) Sumut 2013, sejak 6 hingga 8 November, di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU), Jalan Perintis Kemerdekaan No 33 Medan.
Para seniman yang akan menampilkan karyanya di bidang seni rupa, musik, tari, sastra, dan teater itu, berasal dari Kota Medan, Binjai, Tebingtinggi, Kabupaten Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Karo, dan Nias.
Kepala UPT TBSU, Drs Jamal Karokaro MSn, didampingi stafnya antara lain Bangun Nasution, Syamsul Tajri, Suwarsono, dan Hendrik Peranginangin mengemukakan itu kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (31/10/2013) sore.
Menurut Jamal Karokaro, GSB Sumut 2013 merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bertujuan semakin membangkitkan kehidupan budaya di Sumut khususnya di bidang seni, serta meningkatkan kreativitas para seniman sesuai bidang seninya masing-masing.
“GSB Sumut 2013 ini merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. UPT TBSU sesuai dengan perannya sebagai fasilitator dan dinamisator upaya pembinaan dan pengembangan seni budaya di daerah diberi kepercayaan menjadi penyelenggara,” ujarnya.
Selain pergelaran/pameran karya seni, lanjutnya, ajang GSB Sumut 2013 juga diwarnai kegiatan seminar mengenai seni rupa. “Pada acara pembukaan juga akan tampil artis dari Jakarta, Pok Nori dan Rita Hamzah, yang kebetulan berkunjung ke daerah kita ini,” kata Jamal Karokaro.
Ia menyebutkan, direncanakan Gubsu H Gatot Pujo Nugroho akan meresmikan pembukaan GSB Sumut 2013, Rabu (6/11) pukul 10.00 WIB. Juga dikatakannya, untuk pameran seni rupa diisi pameran lukisan, patung, pahatan dan lain-lain. Sedangkan bidang seni pertunjukan diisi pergelaran musik, tari, sastra, dan teater. (syd)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar