Rabu, 11 Desember 2013

SMP Negeri 6 (Rabu 27 November 2013)



Menuju Sekolah Terbaik se-Kota Medan
Laporan : Fela Felia Batubara


M
enjadi sekolah terbaik adalah impian bagi setiap instansi sekolah di manapun berada. Dalam
mewujudkan pencapaian itu, maka perlu adanya rasa tanggung jawab terhadap sekolah itu sendiri. Tidak hanya guru dan siswa saja yang berperan aktif, akan tetapi ini semua perlu adanya dorongan atau dukungan dari kepala sekolah.
Itulah yang diinginkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Medan. “Agar menjadi sekolah terbaik di Kota Medan adalah target yang akan dicapai SMP N 6 Medan,” ujar Ariffuddin, S.Pd., Kepala SMP N 6 Medan, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (15/11/2013). 
Menjadi yang terbaik tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, tentu diperlukan adanya usaha-usaha dan kerjasama yang baik pula antara kepala sekolah, guru maupun siswa. Hal inilah yang berusaha diterapkan oleh SMP N 6 Medan.
“Tentunya ada kiat-kiat yang harus kita miliki, salah satunya harus bisa memfungsikan segala yang ada di sekolah, semua perangkat sekolah baik itu guru, pegawai, PKS, tanpa terkecuali kepala sekolah harus tahu tugas pokoknya masing-masing, di samping mendidik siswa,” kata bapak yang belum genap dua tahun memimpin SMP N 6 tersebut.
            Selain itu, bapak yang pernah mendapatkan penghargaan peringkat pertama Guru Berprestasi se-Kota Binjai pada 2004 ini mengaku, sekolah yang saat ini ia pimpin rutin melakukan briefing kepada guru-guru menurut kepentingan masing-masing.
             Sejak Mei 2012 lalu, Arifuddin, S.Pd menjabat sebagai kepala sekolah SMP N 6 Medan. Meskipun belum genap dua tahun, ia bercita-cita akan membuat sekolah ini menjadi sekolah adiwiyata.
“Ya, tentunya sekolah ini harus tertata baik, terorganisasi, berprestasi serta dapat melakukan penghijauan lingkungan sekolah dan hal lain yang positif,” ungkap pria 49 tahun itu.
            Ia juga menceritakan tentang apa saja prestasi yang pernah diraih oleh SMP N 6 Medan. Maka, bapak yang pernah menjabat sebagai kepala sekolah pada beberapa sekolah  di Papua ini, memiliki kebanggaan tersendiri terhadap prestasi yang diraih oleh siswa-siswinya.
            “Siswa-siswi SMP N 6 Medan telah banyak menuai prestasi, seperti belakang ini  dibidang bahasa dan sastra yaitu siswa-siswi kami telah mampu menciptakan sebuah buku antologi puisi, menjuarai Lomba Baca Puisi yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Medan yang berlangsung di Taman Budaya Sumatera Utara. Juga prestasi dibidang non-akademik seperti ekstrakulikuler Futsal, Paskibra, Seni dan lainnya” katanya.
             Ia juga menambahkan, belum lama ini prestasi yang diraih di antaranya adalah pada ekstrakulikuler futsal meraih Juara I Futsal tingkat SMP “Liga Anak Bangsa” antarsekolah se-Kota Madya Medan Oktober 2013 dan Juara I Futsal “Multi Karya Cup” tingkat pelajar se-Sumatera Utara. Lalu pada ekstrakulikuler Paskibra, belum lama ini mampu meraih Juara Umum Paskibra Tingkat SMP “Sekolah Angkasa” se-Kota Madya Medan.
            “Di sekolah ini terdapat beraneka ragam ekstrakulikuler, di antaranya Paskibra, Dokter Remaja, Futsal, Sanggar Bahtera (Bahasa dan Sastra), Karate dan yang terbaru adalah Judo,” ujar bapak yang pernah mengikuti Penataran Kepala Sekolah Tingkat Nasional tersebut.
“Jadi siswa-siswi SMP N 6 memiliki wadah atau tempat untuk berkarya dalam menyalurkan hobi mereka sesuai dengan ektrakulikuer mana yang mereka minati. Sehingga cenderung menghasilkan hal-hal yang positif karena dapat berprestasi,” lanjutnya.
            Saat ini, program pembangunan sekolah yang sedang dijalankan adalah membangun mushollah, perpustakaan, dan penambahan ruang kelas baru sebanyak tiga kelas. “Semoga pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana yang diharapkan, karena bentuk fisik sekolah ini adalah bagian dari sarana pendukung bagi siswa dan guru juga tentunya dalam proses pendidikan,” ucap kepala sekolah ini ramah. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar